Friday, October 30, 2015

The Mind of God


Di atas adalah bahasa matematis Theory of Everything (TOE) yang dibangun fisikawan teoretis terkenal Prof. Michio Kaku (Universitas City, New York). TOE itu menyatukan empat forsa (gravitasi, elektromagnetik, nuklir kuat dan nuklir lemah) dalam alam sejauh kita sudah temukan. Pada waktu big bang, empat forsa ini menyatu sebagai superforce. General relativity Einstein (untuk dunia makro) dan mekanika quantum (untuk dunia mikro partikel-partikel subatomik) dan juga dimensi-dimensi yang lebih tinggi dalam hyperspace (mulai dimensi ke-5 [cahaya] hingga dimensi ke-41), disatukan dalam TOE. Hyperspace itu kawasan multidimensional yang berada di antara jagat-jagat raya yang paralel (multiverse), di luar jagat raya kita. Di luar jagat raya kita, terdapat jagat-jagat raya lain dalam jumlah tak terbatas.  

TOE juga disebut the theory of creation, yang sanggup menjelaskan sinergi/simbiosis/interaksi/integrasi antara proton, elektron, quark, atom, molekul, big bang, black holes, singularitas, worm holes, hingga ke DNA organisme sampai ke bunga-bunga bakung di padang dan hal-hal apa saja yang anda akan pikirkan. Maka itu, TOE juga dinamakan The Mind of God, yang Einstein kejar-kejar tapi hingga akhir hayatnya tidak berhasil dia dapatkan.

Anda bisa menjelaskan maksud persamaan matematis Michio Kaku ini? Via Internet, anda dapat memperoleh penjelasannya dalam bahasa yang gamblang. Sejauh saya observasi, persamaan Kaku ini belum diterima secara universal oleh para fisikawan. Lain halnya dengan persamaan Einstein e = mc2.

 
Kata Michio Kaku, “Tujuan saya hidup adalah menemukan sebuah persamaan; sebuah persamaan yang panjangnya mungkin tidak lebih dari 1 inch, yang meringkas segala sesuatu yang kita ketahui tentang jagat raya fisikal.... Saya sungguh percaya bahwa suatu saat nanti nasib semua kehidupan cerdas dalam jagat raya akan bergantung seluruhnya pada persamaan ini.”


Dengarkan kuliah Prof. Michio Kaku yang singkat, padat dan jelas tentang jagat raya hanya dalam 42 menit 13 detik, berjudul The Universe in A Nutshell, di https://youtu.be/0NbBjNiw4tk.