kebangkitan Yesus, suatu permainan warna
Orang yang berhak, dan pantas, menduduki posisi utama dan tertinggi dalam hierarki kepemimpinan gereja-gereja awal yang berdiri tak lama sesudah kematian Yesus, haruslah orang yang diberi kesempatan istimewa dan khusus untuk berjumpa tatap muka dengan Yesus yang sudah dibangkitkan! Maka disusunlah kisah-kisah semacam ini!
Untuk mengkaji topik yang menjadi judul tulisan ini, secara metodologis orang haruslah tidak memulainya dari teks-teks injil-injil Perjanjian Baru, melainkan harus dari teks-teks Rasul Paulus yang ditulis beberapa dekade sebelum penulisan kitab-kitab injil. Akan ditelusuri dalam tulisan ini ihwal apa yang dimaksud Rasul Paulus pada masanya ketika dia menyebut “tubuh rohaniah” (sōma pneumatikon) sebagai tubuh yang dimiliki Yesus setelah dia dibangkitkan dari antara orang mati. Untuk menemukan apakah gagasan Paulus tentang “tubuh rohaniah” sebagai tubuh orang yang sudah dibangkitkan dari kematian tetap bertahan pada era sesudahnya, kisah-kisah injil Perjanjian Baru tentang penampakan-penampakan diri Yesus sesudah kebangkitannya juga harus diperhatikan.
Orang Kristen umumnya cenderung mengelak ketika kepada mereka ditanyakan bagaimana atau apa wujud “tubuh rohaniah” yang digagas Rasul Paulus; bagi mereka, wujud atau rupa atau hakikat tubuh semacam ini berada di luar pengetahuan manusia, tak dapat dijangkau oleh sains, sehingga tinggal hanya dipercaya keberadaannya dan juga tinggal diharapkan dimiliki nanti di akhir zaman ketika orang-orang Kristen yang sudah mati dibangkitkan, untuk dipersatukan dengan Yesus Kristus dan diberi tubuh yang sama dengan tubuhnya yang mulia. Tapi tak sedikit juga orang Kristen memgembangkan imajinasi mereka dengan liar sehingga jadilah “tubuh rohaniah” ini dipandang sebagai gabungan tubuh jasmaniah (tubuh protoplasmik) yang dimiliki selama kehidupan mereka di dunia dan “tubuh kemuliaan” yang, kata mereka, akan diberi hanya ketika mereka sudah dibangkitkan dan masuk surga.
Pada kesempatan ini sesungguhnya mau ditunjukkan bahwa wujud atau hakikat “tubuh rohaniah” yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus dapat ditemukan lewat kajian-kajian kritis lintasilmu atas teks-teks Perjanjian Baru yang relevan, sebagaimana akan diperlihatkan dalam uraian berikut. Juga akan diperlihatkan terjadinya pergeseran atau perubahan pandangan mengenai wujud “tubuh kebangkitan” yang semula (oleh Paulus) dipercaya hanya “rohaniah”, tetapi kemudian dipandang bersifat “ragawi” atau “material” (seperti dipercaya para penulis injil-injil Perjanjian Baru). Pertanyaan yang menarik untuk dijawab adalah mengapa pergeseran pandangan ini terjadi.
Dari mana Rasul Paulus memperoleh injilnya?
Baiklah kita mulai dengan sebuah pernyataan Rasul Paulus
dalam surat Galatia 1:11-12 ihwal sumber injil yang diberitakannya.
“Sebab
aku menegaskan kepadamu, Saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu
bukanlah Injil menurut manusia. Karena aku tidak menerima (Yunani: paralambanō)
Injil ini dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi
aku menerimanya melalui penyataan (Yunani: di’ apokalupseōs) Yesus
Kristus.”
Kata kerja paralambanō (= menerima) dapat berarti
menerima suatu tradisi lisan atau suatu tradisi tertulis dari orang lain
sebelumnya tentang suatu kejadian historis; tetapi dalam teks Galatia 1:11-12
ini Rasul Paulus dengan sangat jelas menyatakan bahwa dia menerima injil bukan
dari manusia, melainkan dari “penyataan” (atau “wahyu”; Yunani: apokalipsis) yang disampaikan oleh Yesus
Kristus kepadanya.
Bagaimana caranya Rasul Paulus menerima penyataan dari Yesus
Kristus? Paulus dalam 1 Korintus 9:1, melalui sebuah pertanyaan retoris, menyatakan
bahwa dia telah melihat (horaō) Tuhan. Menurut lexikon BDAG/1/, kata
kerja horaō selain berarti “melihat dengan mata”, juga berarti “melihat
suatu penglihatan” atau “melihat secara mental atau secara spiritual.”
Dalam 2 Korintus 12:1-4 Rasul Paulus mengisahkan tentang
seseorang, yang tidak lain adalah dirinya sendiri, yang telah menerima
“penglihatan-penglihatan (optasias) dan penyataan-penyataan (apokalupseis)”
“dari Tuhan” (kyriou) ketika dirinya, empat belas tahun sebelumnya,
mengalami suatu perjalanan mistik masuk ke langit ketiga, ke Firdaus, dan di
Firdaus ini dia “mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tak boleh
diucapkan manusia.”
Tampaknya apa yang dimaksud Paulus tentang hal-hal “yang tak
terkatakan dan yang tak boleh diucapkan manusia” itu adalah injil yang diterima
dan diberitakan olehnya. Dalam Roma 16:25-26 kita baca,
“Bagi
Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, menurut Injil yang kumasyhurkan dan
pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan penyataan (apokalupsis)
rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya, tetapi yang sekarang telah
dinyatakan (fanerōthēnai) dan yang menurut perintah Allah yang abadi,
telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk
membimbing mereka kepada ketaatan iman.”
Jadi, kita dapat dengan pasti menyatakan bahwa injil yang
Rasul Paulus beritakan adalah injil yang diterimanya melalui suatu penyataan
atau penglihatan mistikal, bukan melalui suatu tradisi lisan atau suatu tradisi
tertulis tentang suatu peristiwa sejarah. Selain itu, melalui penafsiran
kitab-kitab para nabi, injil ini dapat ditemukan, karena sebelumnya, pada zaman
lampau, injil ini telah diberitakan oleh para nabi dalam kitab-kitab mereka
atas perintah Allah. Jadi, Rasul Paulus menemukan apa isi injilnya lewat
pengalaman mistikal dan lewat penafsiran (midrash)
teks-teks para nabi Perjanjian Lama.
Selanjutnya, tentang injil yang diberitakannya, dalam 1
Korintus 15:1-9 Rasul Paulus menulis:
“(1)
Dan sekarang, Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku
beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh
berdiri…. (3) Sebab yang sangat penting telah kusampaikan (paredōka)
kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima (parelabon) sendiri, ialah bahwa
Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan kitab suci (kata tas
grafas), (4) bahwa dia telah dikuburkan, dan bahwa dia telah dibangkitkan
pada hari yang ketiga, sesuai dengan kitab suci; (5) bahwa dia telah
menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas muridnya. (6)
Sesudah itu dia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara
sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa
di antaranya telah meninggal. (7) Selanjutnya dia menampakkan diri kepada
Yakobus, kemudian kepada semua rasul. (8) Dan yang paling akhir dari semuanya
dia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti anak yang lahir sebelum
waktunya. (9) Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak
layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya jemaat Allah.”
Dalam 1 Korintus 15:3 yang sudah dikutip di atas, Paulus
menyatakan bahwa dia “menyampaikan” (paradidōmi) apa yang dia telah “terima”
(paralambanō). Dua kata kerja ini (paradidōmi dan paralambanō)
dapat berarti bahwa Paulus “menyampaikan” suatu tradisi lisan atau suatu
tradisi tertulis tentang suatu kejadian historis, yang dia sebelumnya “telah
terima” dari orang lain. Tetapi, seperti telah dicatat di atas, injil yang
Paulus beritakan atau sampaikan bukanlah injil sebagai suatu tradisi yang dia
telah terima dari orang lain (atau dari rasul-rasul sebelumnya), melainkan injil
yang dia telah terima melalui suatu penyataan mistikal yang diberikan Yesus
Kristus, dan yang dapat ditemukan melalui penafsiran kitab suci, khususnya
kitab-kitab para nabi. Konsisten dengan ini, dalam 1 Korintus 11:23-26, ketika
mengacu ke perjamuan malam Yesus Kristus, Rasul Paulus membuka ucapannya dengan
perkataan: “Sebab apa yang telah kuteruskan (paredōka) kepadamu, telah
aku terima (parelabon) dari Tuhan….”
Dan injil yang dia telah terima ini, dia juga telah
sampaikan bukan sebagai sebuah tradisi atau sebuah ajaran dari orang lain,
melainkan sebagai ajarannya sendiri. Kata benda paradosis (dari kata
kerja paradidōmi), yang menurut BDAG berarti “tradisi atau isi ajaran
yang disampaikan kepada orang lain,” dalam 1 Korintus 11:2 dan 2 Tesalonika 3:6
menunjuk ke tradisi atau ajaran langsung
dari Rasul Paulus sendiri. Dalam 1 Tesalonika 4:2 Paulus menyebut
“petunjuk-petunjuk” (paraggelias) yang dia sendiri telah berikan kepada
jemaat atas nama atau dalam kewibawaan Tuhan Yesus.
Dalam 1 Korintus 15:3-4 Rasul Paulus memperinci apa isi injil
yang diberitakan olehnya, yakni:
- bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci,
- bahwa dia telah dikuburkan, dan
- bahwa dia telah dibangkitkan pada hari yang ketiga, sesuai dengan kitab suci.
Dalam ayat-ayat ini dengan jelas Rasul Paulus menyatakan
bahwa isi injilnya ini adalah “sesuai dengan kitab suci”, kata tas grafas,
yang juga berarti “sebagaimana kita ketahui dari kitab suci”, yang ditafsirkan
secara baru dan dengan pengilhaman oleh Roh Kudus. Earl Doherty/2/ menyatakan
bahwa teks-teks profetis dalam Perjanjian Lama yang mengilhami Rasul Paulus
untuk memberi isi pada injilnya adalah Yesaya 53 (tentang kematian yang menebus
dosa), Hosea 6:2 (tentang kebangkitan setelah tiga hari), Mazmur 119:120; Mazmur
22:16; dan Zakharia 12:10.
Dalam 1 Korintus 15:4b Rasul Paulus mengungkapkan isi salah
satu bagian dari injilnya, yakni bahwa Yesus Kristus telah dibangkitkan pada
hari yang ketiga, sesuai dengan kitab suci. Sudah ditegaskan di atas bahwa injil
yang Paulus beritakan tidak diterima olehnya dari suatu tradisi historis (lisan
atau pun tertulis), tetapi lewat suatu penglihatan mistikal yang diberikan oleh
Yesus Kristus, dan melalui suatu pembacaan secara baru atas kitab-kitab para
nabi. Jadi, ringkasnya, injil yang disampaikannya bahwa Kristus telah dibangkitkan
pada hari ketiga sama sekali bukan sebuah kabar baik yang disampaikan
berdasarkan suatu kejadian sejarah, tetapi berdasarkan suatu visi atau
penglihatan mistikal dan melalui pembacaan kristologis secara baru Hosea 6:2.
Jika halnya demikian, seperti dilihat oleh Earl Doherty,/3/pantaslah
jika di beberapa tempat dalam surat-suratnya Rasul Paulus dengan sangat jelas mengindikasikan
bahwa kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati adalah suatu perkara dalam
dunia iman saja, bukan suatu kejadian sejarah dalam suatu dunia objektif
material. Mari kita perhatikanlah teks-teks lainnya, sebagai berikut:
“Karena
jika kita beriman bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita beriman
juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah
bersama-sama dengan Dia.” (1 Tesalonika 4:14)
“Sebab
jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam
hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan
diselamatkan.” (Roma 10:9)
“Tetapi
andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan
sia-sia juga kepercayaan kamu…. Dan jika Kristus tidak dibangkitkan,
maka sia-sialah kepercayaan kamu.” (1 Korintus 15:14, 17a)
Tubuh
rohaniah etherial
Karena kebangkitan Yesus Kristus, sebagai salah satu isi injil
Paulus, adalah sesuatu yang diketahuinya lewat pengalaman penglihatan atau
lewat suatu visi mistikal yang diberikan Yesus Kristus, maka “tubuh” Yesus yang
sudah dibangkitkan, yang diklaim “dilihat” Rasul Paulus (1 Korintus 9:1; 15:8),
tentu bukanlah suatu tubuh material protoplasmik yang dimiliki oleh setiap
manusia biasa. Sudah dicatat di atas, bahwa Rasul Paulus mengklaim dirinya
“melihat” Tuhan (1 Korintus 9:1), “melihat” dalam arti spiritual dan mental,
bukan dengan mata jasmaniah biasa. Maka tepatlah jika Rasul Paulus menyebut
“tubuh” kebangkitan sebagai “tubuh rohaniah” (sōma pneumatikon) yang
berbeda dari tubuh alamiah atau tubuh jasmaniah (sōma psukhikon) (1
Korintus 15:44), atau sebagai “tubuh surgawi” (sōma epouranios) yang
berbeda dari tubuh duniawi (sōma epigeios) (ayat 40).
Dalam Filipi 3:20-21, Rasul Paulus juga menyebut “tubuh
kebangkitan” Yesus sebagai tubuh non-material, “tubuh yang mulia” (to sōma
tēs doksēs). Di luar surat-surat asli Paulus, rujukan kepada “tubuh rohaniah”
atau “tubuh surgawi” Yesus-yang-bangkit ditemukan antara lain dalam 1 Petrus
3:18-22 (“Ia [=Yesus Kristus], yang telah dibunuh dalam keadaannya sebagai
manusia, tetapi telah dibangkitkan menurut roh [pneumati]), dalam Efesus
1:20 (“… dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di
sebelah kanan-Nya di surga”), dan dalam Ibrani 10:12; 13:20 yang menunjukkan
penulisnya tidak mengenal konsep tentang kebangkitan daging.
Kembali ke pertanyaan bab ini: Bagaimana wujud “tubuh
rohaniah” yang dibayangkan Rasul Paulus ini, yang bukan “tubuh berdaging” atau
“tubuh jasmaniah”, yang dapat “dilihat” olehnya lewat suatu visi atau
penglihatan mistikal? Tentang ini, Richard Carrier membuat sebuah obervasi
menarik berikut:
“Gagasan
bahwa jiwa tidak memiliki massa, bahwa jiwa bukan ‘tubuh’ dengan lokasi, yang
terbuat dari materi, tidaklah lazim di dunia kuno, tidak seperti pada zaman
sekarang. Sebetulnya, gagasan umum tentang suatu jiwa yang tak memiliki massa,
jiwa yang immaterial, pada dasarnya adalah suatu produk pemikiran Abad
Pertengahan, meskipun gagasan ini telah memiliki suatu tempat embrionik di
dalam Platonisme dan kultus-kultus pagan tertentu. Jadi, adalah mungkin bahwa
Paulus dan orang-orang Kristen perdana lainnya percaya bahwa sang Kristus yang
telah bangkit memiliki sebuah ‘tubuh’ baru, meskipun kini terbuat dari bahan
yang tak bisa binasa…. Tubuh baru ini pastinya terbuat dari zat etherial murni
dan homogen, zat-zat yang membentuk kawasan angkasa, yang umum dikenal oleh
semua pemikir pada masa itu sebagai satu-satunya zat yang tidak dapat
dihancurkan dan tidak dapat berubah, di dalam jagat raya.”/4/
Nah,
“tubuh etherial” semacam ini, yakni “tubuh rohaniah” namun memiliki “substans”
atau “zat”, dipercaya oleh orang Yunani-Romawi pada era kekristenan perdana
sebagai tubuh para dewa atau para malaikat. Relevan dengan ini, perlu diingat, dalam
Markus 9:2-8 ada sebuah kisah tentang Yesus berubah rupa, mengalami
transfigurasi, di sebuah gunung yang tinggi, pada saat mana juga muncul Elia
dan Musa yang bisa “dilihat” oleh murid-murid Yesus yang hadir (Petrus, Yakobus
dan Yohanes) dan, karena penglihatan ini, mengalami ketakutan luar biasa;
tetapi kedua orang zaman lampau ini kemudian menghilang lagi begitu saja.
Walaupun
sama sekali tidaklah jelas bagaimana ketiga murid Yesus ini bisa mengenali
wajah Elia dan Musa yang mereka tidak pernah jumpai, namun kejadian ini
dikisahkan sedemikian rupa, dan pengisahan yang semacam ini harus membuat
pembaca menyimpulkan bahwa peristiwa yang dikisahkan ini adalah suatu peristiwa
penglihatan atau suatu visi. Bisa jadi kisah ini semula adalah kisah tentang
suatu penampakan Yesus sesudah kebangkitannya (dalam tubuhnya yang sudah
“berubah”, bertransfigurasi), yang dilihat para murid dalam suatu penglihatan
mistikal. Yang jelas dalam kisah ini, Elia dan Musa digambarkan masing-masing
memiliki suatu “tubuh” yang tidak biasa, yang bisa dilihat namun sebentar
kemudian lenyap begitu saja, yang kemunculannya juga tak diduga-duga sebelumnya
oleh para murid penyaksi.
Bisa
jadi, konsep kuno tentang zat etherial alam semesta melatarbelakangi baik pemikiran
Rasul Paulus tentang “tubuh rohaniah” yang dikatakannya sebagai tubuh Yesus
yang sudah dibangkitkan, sebagai suatu prototipe “tubuh yang diubah” dari
orang-orang lain yang nanti akan mengalami kebangkitan, maupun kisah
transfigurasi Yesus dalam Markus 9:2-8. Tapi tentu saja harus dicatat, konsep
kuno zat etherial semesta ini sudah usang, bahkan salah. Dalam zaman sekarang,
kita tidak lagi berpikir bahwa alam semesta dipenuhi zat etherial,/5/ tetapi
dipenuhi gelombang dan energi elektromagnetik dan partikel cahaya yang disebut
foton. Dengan demikian, konsep Paulus tentang tubuh kebangkitan sebagai tubuh
rohaniah ethereal juga sebuah konsep yang sudah usang!
Tetapi
jika kita harus percaya bahwa Rasul Paulus memang sungguh-sungguh “melihat”
Yesus yang sudah bangkit dalam suatu penglihatan mistikal atau dalam suatu
visi/6/, adakah alternatif lain untuk kita pikirkan sebagai “wujud” tubuh
rohaniah ini, yang bukan tubuh etherial?
Antara “ghost” dan “bodily
resurrection”
Dalam
hal ini, sebagaimana disarankan oleh James G. Crossley, teks Markus 6:49-50
patut dipertimbangkan./7/ Di situ penulis Injil Markus menuturkan bahwa pada
jam tiga malam murid-murid melihat Yesus berjalan di atas air, hendak melewati
mereka yang sedang berperahu dengan susah payah karena angin sakal. Segera
mereka mengira bahwa Yesus adalah hantu (Yunani: fantasma), lalu mereka
berteriak-teriak karena kaget dan takut luar biasa. Teks ini menunjukkan bahwa
pada era kekristenan perdana, ada kepercayaan bahwa hantu itu terlihat,
memiliki suatu wujud kongkret, dan melakukan gerakan-gerakan tanda hidup.
Tampaknya
pada awalnya kepercayaan bahwa Yesus-yang-sudah-bangkit memiliki tubuh yang kasat
mata sebagai hantu, non-material tetapi berwujud (ghostly and bodily),
sudah cukup meluas beredar. Tetapi penulis Injil Lukas (di tahun 85) merasa
perlu untuk menangkis kepercayaan ini. Lukas menulis dalam pasal 24:36-43 bahwa
untuk menepis sangkaan para muridnya bahwa Yesus sesudah kebangkitannya berubah
menjadi “hantu” atau “roh” (pneuma)/8/ yang kelihatan nyata, Yesus,
dalam ayat 39, dibuat oleh Lukas berkata, “Lihatlah tanganku dan kakiku: Aku
sendirilah ini; rabahlah aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan
tulangnya, seperti yang kamu lihat ada padaku.” Dalam suratnya, Kepada
Jemaat di Smyrna 3.2, Ignatius melaporkan perjumpaan Yesus yang sudah
bangkit dengan murid-muridnya dalam suatu bentuk yang dekat dengan Lukas
24:36-43, tetapi tidak menunjukkan ketergantungan:
“Dan
ketika dia datang kepada mereka bersama Petrus, dia berkata kepada mereka:
‘Peganglah, sentuhlah aku dan lihatlah bahwa aku bukanlah hantu tanpa tubuh.’
Maka mereka segera menyentuhnya dan percaya, bahwa dia tampil utuh sebagai
daging dan roh... Dan setelah kebangkitannya, dia makan dan minum bersama
mereka sebagai suatu makhluk berjasad, meskipun dia dipersatukan dalam roh
dengan sang Bapa.”
Ringkas
kata, pada era injil-injil Perjanjian Baru ditulis, beberapa dekade setelah
masa aktif Rasul Paulus, “Yesus yang bangkit” tidak lagi dipahami dan dipandang
sebagai Yesus yang memiliki “tubuh rohaniah”, yang hanya bisa dilihat lewat
pengalaman visioner atau mistikal (seperti yang dialami Rasul Paulus), tapi sebagai
Yesus yang memiliki tubuh kebangkitan yang nyata dan material. Gambaran-gambaran
dalam injil-injil Perjanjian Baru tentang tubuh kebangkitan Yesus yang secara
kronologis (mulai dari Injil Markus di tahun 70, sampai ke Injil Yohanes di
tahun 95) digambarkan semakin material, dan paling nyata sifat materialnya
dalam Injil Yohanes, diajukan para penulis injil, khususnya penulis Injil Yohanes,
tentu dengan suatu maksud dan tujuan yang real.
Gregory
J. Riley, dalam bukunya Resurrection
Reconsidered,/9/ memperlihatkan bahwa perlawanan berbagai bentuk
kekristenan gnostik terhadap gagasan
kekristenan anti-gnostik (proto-ortodoks) tentang “kebangkitan ragawi” Yesus,
telah mendorong ditulisnya kisah-kisah injil tentang penampakan Yesus secara
ragawi dan material setelah kebangkitannya. Kisah dalam Injil Yohanes tentang
Rasul Thomas yang tidak mau percaya bahwa Yesus sudah bangkit secara ragawi kecuali
kalau dia sudah bisa menyentuh daging dan bekas luka-luka Yesus, yang ditutup
dengan sebuah pernyataan “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun
percaya” (Yohanes 20:24-29), menyingkapkan kontroversi yang timbul di sekitar
ihwal tubuh kebangkitan Yesus antara komunitas (gnostik) Thomas/10/ dan
komunitas Yohanes yang anti-gnostik. Komunitas Thomas dan komunitas Yohanes
tumbuh, tulis Riley, “dalam percakapan satu sama lain, yakni, dalam suatu
kondisi perkembangan timbal-balik dan debat atas, antara lain, topik tentang
kebangkitan ragawi.”/11/
Untuk memastikan bahwa Yesus sesudah kebangkitannya memakai tubuh material, Rasul Thomas sampai harus mencucukkan jarinya ke bagian-bagian tubuh Yesus yang luka, yang sedang berdiri di antara sebelas rasul lainnya
Orang
tak akan luput melihat bahwa pandangan Lukas bahwa Yesus bukan hantu, tetapi
bertubuh kongkret lengkap dengan daging dan tulang, malah juga bisa memakan
sesuatu (Lukas 24:43; bdk. Yohanes 21:12-14), sudah jauh meninggalkan konsep
Rasul Paulus yang tidak mengenal baik gagasan tentang “kubur kosong” maupun
gagasan tentang “kebangkitan daging” dan “penampakan ragawi”. Gagasan-gagasan injil
yang semacam ini, yang muncul belakangan, termasuk kisah-kisah penampakan Yesus
yang sudah bangkit secara ragawi, sesungguhnya bisa dijelaskan kemunculannya
secara sosiologis: gagasan-gagasan ini diajukan oleh para penulis injil-injil
dalam Perjanjian Baru ketika para rasul utama dalam kekristenan perdana sedang
terlibat dalam suatu pertarungan religio-politis memperebutkan posisi utama
dalam hierarki kepemimpinan gereja awal. Orang yang berhak, dan pantas,
menduduki posisi utama dan tertinggi dalam hierarki kepemimpinan gereja-gereja
awal yang berdiri tak lama sesudah kematian Yesus, haruslah orang yang diberi
kesempatan istimewa dan khusus untuk berjumpa tatap muka dengan Yesus yang
sudah dibangkitkan! Maka disusunlah kisah-kisah semacam ini! Tafsiran
sosiologis ini dipertahankan banyak pakar Perjanjian Baru.
John
Dominic Crossan berpendapat bahwa kisah-kisah injil dalam Perjanjian Baru
tentang penampakan-penampakan Yesus dan tentang penyataan-penyataan yang
diberikannya, secara perlahan dan bertahap menggeser penekanan terhadap
pemberian penyataan-penyataan ini secara konsisten dan hierarkis, mulai dari
komunitas secara umum, lalu ke kelompok para pemimpin, sampai akhirnya ke hanya
beberapa individu pemimpin khusus yang memegang otoritas apostolis./12/ Helmut
Koester menyatakan, “kisah-kisah kesengsaraan yang ditulis, yang beredar, dan
juga tulisan-tulisan yang menjadi injil-injil, menyingkapkan suatu kepentingan
politis.”/13/ Werner Kelber juga menegaskan bahwa jenis kisah-kisah penampakan
Yesus setelah kebangkitannya, yang mengisi kitab-kitab injil Perjanjian Baru
khususnya, cocok untuk menetapkan dan meningkatkan pengetahuan esoteris dan
otoritas apostolis./14/
Dalam
komunitas Yahudi-Kristen yang muncul dan berpusat di Yerusalem tak lama setelah
kematian Yesus, figur yang dipandang sebagai saksi pertama dan utama atas kebangkitan
Yesus, sebagaimana dikisahkan dalam Injil
Orang Ibrani 9 (bdk. 1 Korintus 15:7), adalah Yakobus si Adil, “saudara
Yesus” (lihat Galatia 1:19; Markus 6:3; Flavius Yosefus, Antiquitates 20.200), yang menjadi pendiri dan soko guru utama
komunitas Yahudi-Kristen ini. Logika di balik tuturan ini jelas: karena
pemimpin utama komunitas Yahudi-Kristen ini adalah Rasul Yakobus si Adil, maka
kesempatan istimewa untuk menjadi saksi mata kebangkitan Yesus dan menerima
wahyu, tentunya diberikan lebih dulu kepadanya, bukan kepada Maria Magdalena
(yang menjadi saksi kebangkitan Yesus menurut Matius 28:1-10; Markus 16:9;
Lukas 24:10; Yohanes 20:11-18) dan juga bukan kepada Rasul Petrus (yang menjadi
saksi kebangkitan Yesus menurut 1 Korintus 15:5; Yohanes 20:1-10)./15/
Di
lain pihak, dalam banyak kebudayaan kepercayaan pada adanya hantu (dari orang
yang sudah mati) yang berjalan-jalan lalu menampakkan diri kepada manusia pasti
dapat ditemukan, bahkan juga pada zaman modern sekarang ini. Bagaimana fenomena
ini dapat dijelaskan secara saintifik?
Dengan
berdasar pada pengetahuan-pengetahuan yang dihasilkan oleh antropologi
lintas-budaya, lintas-agama dan psikososial, dan juga yang diperoleh dari
kajian-kajian psikiatris modern terhadap kondisi-kondisi mental manusia ketika
mengalami kedukaan dan kehilangan, Crossan menyimpulkan bahwa suatu visi atau
suatu penglihatan mengenai hantu, yakni mengenai orang yang sudah mati tetapi
tampak hidup lagi dan aktif, adalah suatu kemungkinan yang umum terjadi pada
manusia, suatu kemungkinan yang terhubung kuat, hard-wired, dengan otak
kita, yang faktual terjadi di abad pertama dan di zaman modern./16/
Selain
itu, dengan memperhatikan tulisan Virgil, Aeneid Buku 2, tulisan Justinus
Martyr, 1 Apology 21, dan juga
suatu bagian dari tulisan Celsus, On the True Doctrine, Crossan
menyimpulkan bahwa di dalam kebudayaan Laut Tengah kuno, pada awal mula
berdirinya kekristenan, penampakan-penampakan diri orang-orang yang sudah mati,
dan kenaikan ke surga orang-orang yang sudah mati tetapi hidup lagi, diterima
sebagai kemungkinan-kemungkinan yang nyata, dan bukan sebagai kejadian-kejadian
yang abnormal dan sepenuhnya unik./17/
Setelah
mengkaji kisah-kisah tentang penampakan hantu orang-orang yang sudah mati dalam
kebudayaan Yunani klasik, kebudayaan Romawi, dan dalam teks-teks Yahudi, Thomas
S. Verenna menyimpulkan bahwa kisah-kisah tentang hantu adalah “fenomena
kebudayaan”, dan tradisi serta kepercayaan tentang hantu-hantu orang-orang mati
yang gentayangan “berakar pada fenomena psikologis dan fisikal yang sangat
nyata” yang “dapat terjadi dalam aneka ragam bentuk.”/18/
Halusinasi individual dan massal
Tentu
tidak semua orang akan begitu saja mengklaim telah melihat hantu orang-orang
mati. Ada prakondisi-prakondisi psikologis patologis tertentu yang harus
dialami seseorang sebelum dia bisa menerima suatu penglihatan atau suatu visi
melihat hantu. Misalnya prakondisi psikologis sedang berduka sangat dalam
karena kehilangan orang yang sangat dikasihi.
Atau prakondisi psikologis terbuka pada pengalaman-pengalaman paranormal atau spiritual, berhubung yang bersangkutan memang menjalani suatu pergaulan yang intensif dengan kelompok-kelompok paranormal atau kelompok-kelompok spiritual tertentu yang memiliki buku-buku bacaan, keyakinan-keyakinan dan ritual-ritual spesifik.
Apa yang dinamakan halusinasi akan dengan mudah dialami oleh orang-orang yang memiliki prakondisi-prakondisi sosio-psikologis semacam ini.
Penglihatan akan hantu tentu saja tergolong halusinasi, sebab hantu yang sama bisa tidak terlihat oleh orang lain yang ada bersama dengan orang yang mengalami halusinasi ini.
Atau prakondisi psikologis terbuka pada pengalaman-pengalaman paranormal atau spiritual, berhubung yang bersangkutan memang menjalani suatu pergaulan yang intensif dengan kelompok-kelompok paranormal atau kelompok-kelompok spiritual tertentu yang memiliki buku-buku bacaan, keyakinan-keyakinan dan ritual-ritual spesifik.
Apa yang dinamakan halusinasi akan dengan mudah dialami oleh orang-orang yang memiliki prakondisi-prakondisi sosio-psikologis semacam ini.
Penglihatan akan hantu tentu saja tergolong halusinasi, sebab hantu yang sama bisa tidak terlihat oleh orang lain yang ada bersama dengan orang yang mengalami halusinasi ini.
Dalam
suatu kajian tentang fenomena halusinasi dalam lingkungan kehidupan orang-0rang
Kristen perdana, Richard Carrier menyatakan bahwa orang-orang Kristen perdana
kerap secara teratur mengalami halusinasi, yang menyebabkan mereka juga
menerima penyataan-penyataan yang serupa dengan yang diterima Rasul Paulus yang
sebelumnya memang juga mengalami halusinasi./19/
Carrier menulis, “pengalaman-pengalaman halusinasi yang jelas, terdokumentasi dengan baik di sepanjang semua tradisi keagamaan, di sepanjang sejarah, dan tampaknya otak manusia secara khusus terhubung dengan pengalaman-pengalaman ini.”/20/
Menurut Slade dan Bentall, yang dirujuk oleh Carrier, “proses dan kondisi patologis… umumnya dikaitkan dengan pengalaman halusinasi. Kondisi ini mencakup kerusakan sistem pengindraan, variasi-variasi fisiologis seperti naiknya suhu tubuh dan kekurangan air, gangguan sistem saraf pusat, dan kondisi-kondisi psikiatris seperti skizofrenia dan psikoses depresif yang berlebihan.”/21/
Carrier menulis, “pengalaman-pengalaman halusinasi yang jelas, terdokumentasi dengan baik di sepanjang semua tradisi keagamaan, di sepanjang sejarah, dan tampaknya otak manusia secara khusus terhubung dengan pengalaman-pengalaman ini.”/20/
Menurut Slade dan Bentall, yang dirujuk oleh Carrier, “proses dan kondisi patologis… umumnya dikaitkan dengan pengalaman halusinasi. Kondisi ini mencakup kerusakan sistem pengindraan, variasi-variasi fisiologis seperti naiknya suhu tubuh dan kekurangan air, gangguan sistem saraf pusat, dan kondisi-kondisi psikiatris seperti skizofrenia dan psikoses depresif yang berlebihan.”/21/
Karena
zat ethereal itu tidak ada dalam jagat raya, sehingga tubuh ethereal Yesus yang
bangkit juga tidak ada, maka alternatif “hantu” boleh jadi merupakan sebuah
alternatif yang paling mungkin untuk memberi wujud pada “tubuh rohaniah” yang
diklaim Paulus sebagai tubuh kebangkitan, yang bisa dilihat hanya lewat
pengalaman penglihatan atau pengalaman visioner, yang pada dasarnya adalah
pengalaman halusinasi.
Jadi, pengalaman penglihatannya ini atas “tubuh rohaniah” Yesus adalah suatu halusinasi. Bukan hanya dialami Rasul Paulus, pengalaman halusinasi ini juga dialami oleh rasul-rasul lain yang disebutnya: Kefas, dua belas murid, lima ratus saudara sekaligus, Yakobus, semua rasul. Seperti sudah ditulis di atas, halusinasi bisa dialami oleh siapa saja yang memiliki prakondisi-prakondisi psikologis dan neurologis yang pas, dan otak manusia memungkinkan halusinasi dialami sebagai sesuatu yang neurologis real dalam otak manusia.
Jadi, pengalaman penglihatannya ini atas “tubuh rohaniah” Yesus adalah suatu halusinasi. Bukan hanya dialami Rasul Paulus, pengalaman halusinasi ini juga dialami oleh rasul-rasul lain yang disebutnya: Kefas, dua belas murid, lima ratus saudara sekaligus, Yakobus, semua rasul. Seperti sudah ditulis di atas, halusinasi bisa dialami oleh siapa saja yang memiliki prakondisi-prakondisi psikologis dan neurologis yang pas, dan otak manusia memungkinkan halusinasi dialami sebagai sesuatu yang neurologis real dalam otak manusia.
Kalau
para sejarawan modern telah merekam dengan benar dan tak ada unsur
pembesar-besaran berita, tercatat bahwa di kawasan peziarahan Cova da Iria, di
Fatima, Portugal, pada 13 Oktober 1917, tujuh puluh ribu peziarah serentak
melihat Matahari “merobek dirinya sendiri dari angkasa lalu menimpa kerumunan orang
banyak yang ketakutan.”/22/ Tentu laporan ini bukanlah sebuah laporan tentang
suatu kejadian astronomis betulan, melainkan sebuah laporan tentang terjadinya
halusinasi massal, yang melibatkan bukan hanya lima ratus peziarah, tetapi
tujuh puluh ribu.
Kapanpun
juga, halusinasi adalah suatu pengalaman neurologis psikologis, yang
berlangsung dalam organ otak, bukan suatu pengalaman mengenai suatu kejadian
historis dalam suatu dunia objektif. Pengalaman halusinasi Rasul Paulus melihat
Yesus dalam “tubuh rohaniah” dengan tepat disebutnya sebagai suatu pengalaman
yang hanya ada dalam iman, bukan dalam realitas objektif empiris.
Penutup
Telah
diperlihatkan di atas, pergeseran telah terjadi dalam pandangan mengenai wujud
Yesus-yang-sudah-dibangkitkan. Mula-mula (setidaknya mulai dari Rasul Paulus)
Yesus yang hadir setelah peristiwa Paskah dibayangkan memiliki “tubuh rohaniah
ethereal”, tubuh non-material tapi memiliki substans; tetapi belakangan (oleh
para penulis injil-injil Perjanjian Baru) Yesus-setelah-kebangkitannya
dibayangkan sebagai Yesus yang tetap memiliki raga protoplasmik, Yesus yang
berdaging dan bertulang bahkan membutuhkan makanan, tetapi sekaligus Yesus yang
sudah mentransendir kodrat kedagingan dan keinsaniannya, dengan mengambilbagian
dalam keadikodratian ilahi yang tak dapat dibatasi oleh dimensi ruang-waktu
kosmologis.
Pergeseran
pandangan tentang bagaimana wujud Yesus-yang-dibangkitkan, mulai dari wujud “tubuh
rohaniah” sampai ke wujud tubuh yang material fisikal, tak dapat dilepaskan
dari variabel-variabel historis sosiologis, ekklesiologis dan doktrinal, yakni
kebutuhan memberi legitimasi ilahi terhadap individu-individu pemimpin utama rasuli
dalam hierarki kepemimpinan gereja-gereja perdana, dan kebutuhan membangun dan
memenangkan polemik doktrinal dalam melawan berbagai bentuk kekristenan gnostik
yang bermental sarkofobik dan anti-raga.
Alternatif
memandang Yesus-yang-sudah-dibangkitkan hadir kembali dalam dunia orang-orang
hidup sebagai fantasma, ghost, hantu, merupakan alternatif yang
paling kuat ditopang baik oleh kajian-kajian sastra keagamaan lintaszaman dan
lintaskebudayaan maupun oleh kajian berbagai disiplin sains yang relevan,
khususnya disiplin sains psikiatri, psikologi dan neurologi atau neurosains. Disiplin-disiplin
sains ini membuat kita bisa menyebut semua pengalaman melihat kehadiran kembali
Yesus setelah kematiannya sebagai halusinasi yang dimunculkan oleh aktivitas
neurologis dalam otak manusia.
Halusinasi
melihat kembali Yesus dalam kondisi hidup dan aktif setelah kematiannya, khususnya
yang dialami oleh sejumlah murid terdekat Yesus, yang disebut sebagai para rasul,
menunjukkan bahwa mereka mengalami tekanan dan penderitaan psikologis yang sangat
berat karena telah ditinggal oleh Yesus yang sangat mereka kasihi, yang membuat
mereka merasa sangat kehilangan.
Atau karena mereka merasa sangat bersalah karena pernah menyangkali dan berkhianat pada Yesus pada momen-momen genting Yesus ditangkap dan dieksekusi, sehingga timbul kebutuhan psikologis yang sangat besar dalam jiwa mereka untuk mendapat kesempatan bertemu Yesus kembali supaya mereka dapat mengakui segala kesalahan mereka dan meminta ampun kepada Yesus, sekalipun mereka sadar bahwa kebutuhan ini sangat tidak realistik./23/
Atau karena mereka merasa sangat bersalah karena pernah menyangkali dan berkhianat pada Yesus pada momen-momen genting Yesus ditangkap dan dieksekusi, sehingga timbul kebutuhan psikologis yang sangat besar dalam jiwa mereka untuk mendapat kesempatan bertemu Yesus kembali supaya mereka dapat mengakui segala kesalahan mereka dan meminta ampun kepada Yesus, sekalipun mereka sadar bahwa kebutuhan ini sangat tidak realistik./23/
Pendek
kata, berbagai macam pernyataan atau kisah dalam Perjanjian Baru yang mencatat
atau menuturkan perjumpaan kembali para murid Yesus dengan Yesus setelah
kematiannya, ditulis karena Yesus sungguh-sungguh menempati posisi signifikan
dan utama dalam kehidupan para rasul, dan khususnya karena Yesus adalah uatenseorang
yang mereka sangat sayangi.
Jika seseorang menjadi “the significant other” bagi kehidupan anda, dan orang ini sangat anda cintai, anda akan pasti berharap dapat bertemu tatap muka kembali dengannya sekalipun dia sudah meninggal, apalagi jika anda merasa telah berbuat salah sangat besar terhadapnya ketika dia masih hidup.
Harapan anda yang sangat besar, keadaan batin anda yang sangat galau, dan kondisi tubuh anda yang tidak bugar, dapat membuat anda mengalami halusinasi melihat dirinya hidup kembali.
Nah, jika saya sedang berada dalam sikon mental seperti itu, lalu saya melihat sosok Yesus yang saya kasihi mendekati dan membelai saya, tentu pengalaman internal personal ini akan dapat menguatkan dan membahagiakan saya. I certainly believe that Jesus is the risen Lord.
Jika seseorang menjadi “the significant other” bagi kehidupan anda, dan orang ini sangat anda cintai, anda akan pasti berharap dapat bertemu tatap muka kembali dengannya sekalipun dia sudah meninggal, apalagi jika anda merasa telah berbuat salah sangat besar terhadapnya ketika dia masih hidup.
Harapan anda yang sangat besar, keadaan batin anda yang sangat galau, dan kondisi tubuh anda yang tidak bugar, dapat membuat anda mengalami halusinasi melihat dirinya hidup kembali.
Nah, jika saya sedang berada dalam sikon mental seperti itu, lalu saya melihat sosok Yesus yang saya kasihi mendekati dan membelai saya, tentu pengalaman internal personal ini akan dapat menguatkan dan membahagiakan saya. I certainly believe that Jesus is the risen Lord.
ioanes rakhmat
Catatan-catatan
/1/ A Greek-English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature (edisi ketiga; Chicago and London: University of Chicago Press, 2000). Lexikon edisi ketiga ini dirujuk juga dengan singkatan BDAG (Bauer-Danker-Arndt-Gingrich).
/2/ Earl Doherty, Jesus Neither Man Nor God: The Case for A Mythical Jesus (edisi baru yang diperluas; Ottawa, Canada: Age of Reason Publication, 2009) h. 47, 85-86.
/3/ Earl Doherty, Jesus Neither Man Nor God, h. 79.
/4/ Richard Carrier, “Osiris and Pagan Resurrection Myths” (2000) dalam situs http://www.frontline-apologetics.com/Carrier_on_Osiris_.html.
/5/ Lihat Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow, The Grand Design (New York: Bantam Books, 2010) h. 95-96, 100.
/6/ Bandingkan dengan tuturan tentang fotisme yang dialami Rasul Paulus dalam suatu perjalanannya ke Damsyik dalam Kisah Para Rasul 9:3-9; 22:6-11; 26:12-18. Menurut para antropolog, pengalaman melihat suatu “sosok bercahaya” (= fotisme) adalah sebuah fenomen lintas-budaya, yang dapat ditemukan dalam banyak kehidupan suku-suku bangsa di dunia ini. Tentu saja, jika ditinjau dari neurosains, fotisme adalah fenomen neurologis, bukan realitas faktual di dunia natural objektif. Lihat tulisan saya yang berjudul “Pengalaman-pengalaman Spiritual Ditinjau dari Neurosains: Interkoneksi ‘Roh’ dan Otak”, tersedia online di http://ioanesrakhmat.blogspot.com/ 2011/11/pengalaman-pengalaman-spiritual.html.
/7/ Michael F. Bird and James G. Crossley, How Did Christianity Begin? A Believer and Non-believer Examine the Evidence (London/Peabody: SPCK and Hendrickson Publisher, 2008) h. 54.
/8/ BDAG menerjemahkan pneuma dalam Lukas 24: 37, 39 sebagai “ghost”, hantu.
/1/ A Greek-English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature (edisi ketiga; Chicago and London: University of Chicago Press, 2000). Lexikon edisi ketiga ini dirujuk juga dengan singkatan BDAG (Bauer-Danker-Arndt-Gingrich).
/2/ Earl Doherty, Jesus Neither Man Nor God: The Case for A Mythical Jesus (edisi baru yang diperluas; Ottawa, Canada: Age of Reason Publication, 2009) h. 47, 85-86.
/3/ Earl Doherty, Jesus Neither Man Nor God, h. 79.
/4/ Richard Carrier, “Osiris and Pagan Resurrection Myths” (2000) dalam situs http://www.frontline-apologetics.com/Carrier_on_Osiris_.html.
/5/ Lihat Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow, The Grand Design (New York: Bantam Books, 2010) h. 95-96, 100.
/6/ Bandingkan dengan tuturan tentang fotisme yang dialami Rasul Paulus dalam suatu perjalanannya ke Damsyik dalam Kisah Para Rasul 9:3-9; 22:6-11; 26:12-18. Menurut para antropolog, pengalaman melihat suatu “sosok bercahaya” (= fotisme) adalah sebuah fenomen lintas-budaya, yang dapat ditemukan dalam banyak kehidupan suku-suku bangsa di dunia ini. Tentu saja, jika ditinjau dari neurosains, fotisme adalah fenomen neurologis, bukan realitas faktual di dunia natural objektif. Lihat tulisan saya yang berjudul “Pengalaman-pengalaman Spiritual Ditinjau dari Neurosains: Interkoneksi ‘Roh’ dan Otak”, tersedia online di http://ioanesrakhmat.blogspot.com/ 2011/11/pengalaman-pengalaman-spiritual.html.
/7/ Michael F. Bird and James G. Crossley, How Did Christianity Begin? A Believer and Non-believer Examine the Evidence (London/Peabody: SPCK and Hendrickson Publisher, 2008) h. 54.
/8/ BDAG menerjemahkan pneuma dalam Lukas 24: 37, 39 sebagai “ghost”, hantu.
/9/
Gregory J. Riley, Resurrection
Reconsidered: Thomas and John in Controversy (Minneapolis: Fortress Press,
1995).
/10/
Dalam tahap belakangan perkembangannya, komunitas Kristen Thomas menjadi
komunitas Kristen gnostik yang bermental “sarkofobik” atau “anti-raga” (menolak
raga, dan memandangnya sebagai “penjara jiwa” yang harus dilepaskan jika orang
ingin masuk ke dalam keselamatan). Pada tahap ini, mereka tidak bisa menerima
pandangan Kristen proto-ortodoks Perjanjian Baru bahwa Yesus dibangkitkan
“secara ragawi”, bukan hanya secara rohaniah. Dalam Kitab Thomas 143.10f, termuat sebuah kutukan, “Celakalah kalian
yang berharap pada daging, dan pada penjara yang akan binasa!”
/11/
Riley, Resurrection Reconsidered, h.
177.
/12/ John D. Crossan, The Historical Jesus: The Life of A Mediterranean Jewish Peasant (New York: HarperCollins, 1991) h. 395-416; idem, Jesus: A Revolutionary Biography (New York: HarperCollins, 1994) h. 165 dyb.; idem, Who Killed Jesus? Exposing the Roots of Anti-semitism in the Gospel Story of the Death of Jesus (New York: HarperCollins, 1995) h. 202 dyb.
/13/ Helmut Koester, “Writings and the Spirit: Authority and Politics in Ancient Christianity” dalam Harvard Theological Review 84:4 (1991) h. 369 [253-372].
/14/ Werner H. Kelber, “Narrative and Disclosure: Mechanisms of Concealing, Revealing, and Reveiling” dalam Semeia 43 (1988) h. 6 [1-20].
/15/
Lihat Ioanes Rakhmat, Menguak Kekristenan
Yahudi Perdana: Sebuah Pengantar (Jakarta: JRC, 2009) h. 19.
/16/ John D. Crossan, “Historical Jesus As Risen Lord” dalam The Jesus Controversy: Perspectives in Conflict. Penyunting umum: Gerald P. McKenny (Harrisburg, Pennsylvania: Trinity Press International) h. 6-7 [1-47]; idem, Jesus: A Revolutionary Biography, h. 87-88; idem, “Why Is Historical Jesus Research Necessary?” dalam James H. Charlesworth and Walter P. Weaver (eds.), Jesus Two Thousand Years Later (Harrisburg, PA: Trinity Press International, 2000) h. 17-18 [7-37]. Bdk. Gerd Lüdemann dan Alf Özen, De Opstanding van Jezus: Een Historische Benadering (Baarn: Ten Have, 1996) h. 176-178 [114-178].
/17/ John D. Crossan, “Historical Jesus As Risen Lord”, h. 6 ff., 26-31.
/18/ Thomas S. Verenna, Of Men and Muses: Essays on History, Literature, and Religion (Lulu.com, 2009) h. 145.
/19/ Richard Carrier, “The Spiritual Body of Christ” dalam Robert M. Price dan Jeffery Jay Lowder, eds., The Empty Tomb: Jesus Beyond the Grave (2005) h. 184-188.
/20/ Richard Carrier, “The Spiritual Body of Christ”, h. 184.
/21/ Peter D. Slade dan Richard P. Bentall, Sensory Deception: A Scientific Analysis of Hallucination (1988) h. 28.
/22/ Laporan ini tersedia online di http://www.sofc.org/Spirituality/s-of-fatima.htm.
/16/ John D. Crossan, “Historical Jesus As Risen Lord” dalam The Jesus Controversy: Perspectives in Conflict. Penyunting umum: Gerald P. McKenny (Harrisburg, Pennsylvania: Trinity Press International) h. 6-7 [1-47]; idem, Jesus: A Revolutionary Biography, h. 87-88; idem, “Why Is Historical Jesus Research Necessary?” dalam James H. Charlesworth and Walter P. Weaver (eds.), Jesus Two Thousand Years Later (Harrisburg, PA: Trinity Press International, 2000) h. 17-18 [7-37]. Bdk. Gerd Lüdemann dan Alf Özen, De Opstanding van Jezus: Een Historische Benadering (Baarn: Ten Have, 1996) h. 176-178 [114-178].
/17/ John D. Crossan, “Historical Jesus As Risen Lord”, h. 6 ff., 26-31.
/18/ Thomas S. Verenna, Of Men and Muses: Essays on History, Literature, and Religion (Lulu.com, 2009) h. 145.
/19/ Richard Carrier, “The Spiritual Body of Christ” dalam Robert M. Price dan Jeffery Jay Lowder, eds., The Empty Tomb: Jesus Beyond the Grave (2005) h. 184-188.
/20/ Richard Carrier, “The Spiritual Body of Christ”, h. 184.
/21/ Peter D. Slade dan Richard P. Bentall, Sensory Deception: A Scientific Analysis of Hallucination (1988) h. 28.
/22/ Laporan ini tersedia online di http://www.sofc.org/Spirituality/s-of-fatima.htm.
/23/
Untuk menebus kesalahannya yang pernah dibuatnya ketika dia melakukan berbagai
bentuk kekerasan terhadap para pengikut Yesus, Rasul Paulus sampai perlu
membangun sebuah pemikiran kristologis tentang pendamaian dosa yang didatangkan
oleh Yesus lewat kematiannya di kayu salib. Doktrin ini dirancangbangun oleh
Paulus tentu untuk pertama-tama membuat dirinya terbebas dari perasaan berdosa
yang sangat merusak mentalnya, yang lalu diperluasnya untuk berlaku bagi semua
orang yang mau mempercayai doktrinnya ini. Tuturan tentang percakapan Yesus
dengan Simon Petrus dalam Yohanes 21:15-19 juga dapat dijelaskan dari
perspektif yang sama.