Friday, November 15, 2019

Wajah hantu di langit


Di atas ini adalah foto 2 galaksi yang berukuran sama yang bertabrakan di kawasan angkasa luar sejauh 704 juta tahun cahaya dari planet Bumi. Kejadian ini tertangkap oleh Advanced Camera for Surveys dari teleskop antariksa Hubble NASA/ESA pada 19 Juni 2019, dan dipublikasi bertepatan dengan perayaan Halloween.

Tabrakan 2 galaksi tersebut menghasilkan gambar yang serupa dengan "wajah suatu hantu" yang bermata bulat besar dan menonjol tajam ke luar.

Tumbukan dahsyat ini menciptakan suatu struktur cincin yang memukau, yang bertahan singkat saja. Selanjutnya, tabrakan itu menarik disk-disk masing-masing galaksi, yang kemudian dilontarkan dengan kuat ke luar berupa gumpalan-gumpalan gas, debu dan bintang-bintang.

Bintang-bintang tercipta dengan intens oleh hempasan kuat ini lalu membentuk suatu struktur cincin yang mengambil bentuk "hidung" dan "wajah" yang memiliki sepasang mata yang melotot menakutkan.

Sebagai satu kesatuan, gambar ini membentuk suatu sistem astronomis yang dinamakan sistem Arp-Madore.

Sumber https://www.instagram.com/p/B4VLxpAoN5X/?igshid=170yenpb6arw8

N.B.
Oh ya, tolong foto ini jangan dicocok-cocokkan dengan ayat-ayat dari kitab suci apapun. Silahkan share jika ingin. Thx.


Sunday, November 3, 2019

Walangkekek

WALANGKEKEK
Memelihara warisan seni budaya Nusantara


Musik keroncong yang mengiringi nyanyian Jowo Walangkekek ini disukai loh di Eropa, dipelajari, menjadi mahir, lalu diperagakan. Enak didengar dan dinikmati.

Perhatikan juga busana sang ibu elok yang bernyanyi. Juga bagian dari seni budaya asli kita.

Walangkekek atau belalang sentadu

Mari kita lestarikan warisan seni budaya asli Indonesia supaya generasi yang akan datang tetap berpijak dan cinta pada dunia seni budaya Nusantara, dan mampu dengan kreatif mengadaptasinya dengan modernitas.

Kalau bukan oleh kita, ya oleh siapa lagi? Jangan sampai seni budaya asing dari tempat dan zaman lain membinasakan kehidupan seni budaya asli Indonesia.

Our Nusantara's native art and culture are beautiful, serene, calm, consoling, and great.

3 November 2019