Thursday, November 12, 2015

Tiga Piramida Akbar Giza dan Anomali Suhu

Tiga piramida akbar Giza...

Di atas foto tiga piramida akbar di Giza, kota terbesar ketiga di Mesir, terletak di pantai barat Sungai Nil, kurang lebih 20 km barat daya pusat kota Kairo. Tiga piramida akbar Giza ini dibangun sekitar 2613-2494 SM, jadi kurang lebih 4.000 tahun lalu. Piramida yang tertua dan terbesar diberi nama piramida Firaun Khufu (Yunani: Cheops), berlokasi di tengah pada foto.

Baru saja diturunkan berita-berita tentang hasil pemindaian terhadap bebatuan piramida-piramida Giza yang sudah berumur 4.000 tahun dengan menggunakan gabungan thermografi infrared, radiografi muon, dan rekonstruksi 3D. Pemindaian dilakukan pada jam-jam berbeda di siang hari (ketika suhu udara panas) dan di malam hari (ketika suhu udara mendingin). Pada umumnya ditemukan perbedaan suhu relatif kecil antara bebatuan yang dipindai, yakni 0,1 derajat celcius hingga 0,5 derajat celcius.

Tetapi pemindaian pada sisi timur piramida Khufu memperlihatkan anomali perbedaan suhu, hingga mencapai 6 derajat celcius. Anomali ini menimbulkan pertanyaan, ada apa di balik bebatuan yang suhunya lebih tinggi 6 derajat celsius ini. Para arkeolog dan pakar-pakar pemindai belum memberikan jawaban konklusif apapun atas pertanyaan ini. Tetapi diperkirakan kuat, di balik lokasi bebatuan yang memperlihatkan anomali suhu ini terdapat sebuah lorong kecil, ruang kosong ataupun retakan, yang berlokasi persis di titik fokus piramida Khufu. Lihat gambar kedua di bawah ini.




Tahukah anda, apa komentar yang sudah muncul di Internet dari kalangan penganut Teori Konspirasi? Belum apa-apa mereka sudah menyatakan bahwa di balik bebatuan yang memperlihatkan anomali suhu itu ada sebuah mesin teknologi tinggi pembangkit energi nuklir buatan para alien cerdas yang datang dari angkasa luar! Wooow! Anomali variasi suhu 6 derajat celcius bagi mereka menandakan di baliknya ada sebuah PLTN!

Teori Konspirasi memang disukai oleh orang yang tidak sekolah, dan hobi mereka hanya merangkul pseudo-arkeologi. 

Sumber berita yang pertama saya baca ini http://www.huffingtonpost.com/entry/pyramid-scan-anomaly_56417a19e4b0b24aee4ba9ad.